Inilah Cara Mencetak Label Undangan Otomatis Berkualitas

Post SahabatArtikel
Agar lebih praktis dan cepat, maka Anda membutuhkan cara mencetak label undangan otomatis, ketika akan mencantumkan nama dan alamat di kartu undangan. Biasanya untuk mencantumkan detail alamat di undangan menggunakan kertas label warna putih. Supaya tulisan rapi dan mudah dibaca, maka sebaiknya jangan ditulis tangan. Anda bisa menggunakan komputer dengan bantuan Microsoft Word untuk membuat label otomatis.

Jenis label yang digunakan untuk undangan biasanya adalah nomor 103 atau 121. Untuk satu lembar kertas label ada 12 label stiker. Dengan cara mencetak label undangan otomatis maka mempercepat pengerjaan. Bagi yang belum tahu, berikut ini Kami akan memberikan tutorial untuk membuat label secara otomatis menggunakan Ms. Word. 


Membuat Template Label Undangan


Pastikan Anda sudah membuat data alamat atau identitas penerima undangan di Excel. Selanjutnya bisa mengikuti cara membuat template label undangan:

1. Masuk ke Microsoft Word dan buka dokumen baru. Kemudian masuk ke opsi Ribbon Mailings dan pilih Labels. Di jendela Envelopes and Labls pilih Options.

2. Maka akan keluar jendela Label Option dan kemudian pilih New Label.

3. Selanjutnya akan muncul jendela Label Details. Isi semua kolom sesuai ukuran label yang digunakan. Jadi silahkan sesuaikan dengan ukuran tabel.

4. Jika semua kolom sudah diisi sesuai ukuran kertas label yang digunakan, maka klik OK.

Masih di jendela Envelopes and Labels, Anda pastikan label yang aktif adalah label yang tadi dibuat. Lalu klik New Document.

5. Sampai disini, secara otomatis dokumen akan terbuka dengan format sesuai dengan template label yang telah dibuat. Sekarang Anda bisa memasukan data penerima undangan yang dibuat atau direkam menggunakan excel ke dalam template di Microsoft Word ini. 

Memasukkan Data Undangan di Excel ke Word


Setelah menyelesaikan tahap yang sebelumnya, sekarang Anda bisa melanjutkan cara mencetak label undangan otomatis untuk memasukkan data undangan di Excel ke Word berikut ini:

1. Di menu Ribbon Mailings, klik Select Recipients, lalu klik Use an Existing List. Selanjutnya pilih file Excel data penerima undangan yang sudah Anda buat. 

2. Kemudian di jendela Select Table pilih sheet dimana Anda mengetikan nama dan alamat. 

3. Lalu letakkan kursor di kolom atau label pertama pada lembar kerja Ms. Word. Kemudian di menu Ribbon Mailings pilih Insert Merge Field dan pilih drop down NAMA.

4. Tekan enter, kemudian di bawahnya ketik “Di“, lalu enter lagi dan Anda ulangi langkah yang sebelumnya. Di menu Ribbon Mailings Anda klik Insert Merge Field dan klik pada opsi drop down ALAMAT. 

5. Isikan kolom yang lain sama dengan kolom pertama. Untuk menampilkan nama dan alamat yang sesuai data yang sudah dibuat di excel, caranya klik Ribbon Mailings dan klik Edit Individual Documents. Kemudian pilih All, lalu klik OK.

6. Sampai disini tinggal menunggu terlebih dahulu. Jika data cukup banyak maka biasanya MS. Word mengalami “not responding“. Tapi tidak perlu khawatir dan jangan terburu-buru untuk menutup aplikasi. Tunggu beberapa saat sampai aplikasi berjalan dengan normal kembali 

7. Selanjutnya tinggal cara mencetak label undangan otomatis tersebut atau menyimpanya pada komputer kita.

Jika Anda ingin membuat undangan pernikahan sendiri, beli blangkonya melalui Blangko Undangan Makassar. Harga bersaing dan bisa mendapatkan harga spesial untuk pembelian jumlah banyak. Disini Anda juga bisa mendapatkan banyak desain yang bisa dipilih sesuai keinginan Anda. 

Oleh karena itu, untuk pemesanan blangko undangan pernikahan percayakan saja kepada kami Blangko Undangan Makassar. Selain memiliki berbagai macam desain, kami juga memiliki tenaga profesional dan terpercaya. Sehingga Anda tidak perlu ragu lagi silakan hubungi kami dan cara mencetak label undangan otomatis bisa Anda dapatkan dengan mudah.

LihatTutupKomentar