Pentingnya Mengetahui Jenis Blangko Undangan, Sebelum Memutuskan untuk Membeli

Post SahabatArtikel
Memilih jenis blangko undangan merupakan salah satu serangkaian tahapan yang harus Anda persiapkan dalam pernikahan.  Di era yang sudah semakin modern ini, kartu undangan memiliki peran yang amat penting untuk mecerminkan status sosial hidup. Disamping itu, kartu undangan adalah selebaran yang bersifat ajakan supaya seseorang yang diundang mau datang ke acara pernikahan Anda.

Undangan juga merupakan bagian terpenting dalam sebuah acara apa saja yang akan digelar. Orang awam terkadang tidak berfikir mengenai undangan yang akan mereka gunakan, bagi mereka yang terpenting adalah bagus. Blangko undangan sendiri bersifat universal atau umum. Sebab blangko undangan dibuat secara masal oleh percetakan.

Berikut jenis blangko undangan berdasarkan kerumitannya :

Blangko undangan softcover, seperti blangko :

  • Erba
  • Evanur
  • Jago
  • Nomizu
  • Maliq
  • Cantik
  • Fadhil
  • Byar

Blangko undangan hardcover seperti blangko :

  • HC
  • RIzki


Mengapa disebut softcover ? karena bahannya simpel, tipis,dan biasanya terdiri daei satu lembar kertas. Mengapa Hardcover? karena bahannya bisanya lebih keras, dan mungkin terdiri dari 2 atau 3 lembar bahan, kadang juga menggunakan Yellow Board (karton tebal)

Bahan Kertas Blangko Undangan yang Wajib Anda Ketahui


1. Kertas Jasmine

Jenis blangko undangan kertas Jasmine ini memiliki tekstur gliter. Jenis kertas ini biasanya digunakan oleh setiap percetakan saat membuat blangko undangan pernikahan. Ternyata kertas yang satu ini tidak bisa diproses melalui cetakan. Akan tetapi harus menggunakan teknik emboss atau deboss. Sebab, kertas Jasmine cenderung sulit menyerap tinta. Sehingga tidak direkomendasikan diproses melalui cetakan, karena membutuhkan waktu yang lama untuk mengeringkannya.

2. Kertas Art Paper

Kertas art paper ini memiliki permukaan kertas yang halus dan memiliki efek glossy. Selain bisa dijadikan sebagai undangan, kertas jenis ini juga bisa digunakan sebagai pembuatan kalender gantung. Namun dalam pembuatan undangan, kertas ini umumnya digunakan sebagai pelapis luar atau halaman hard cover dari undangan saja. Hasil undangan dengan jenis kertas art paper ini terlihat lebih mewah, jika dilaminasi dengan doff, glossy, atau UV.

3. Kertas Art Carton

Jenis blangko undangan yang selanjutnya adalah art carton. Jenis kertas ini hampir sama dengan art paper. Hanya saja yang membedakannya adalah gramaturnya. Jenis kertas art carton ini cenderung lebih tembal dibandingkan dengan kertas art paper. Umumnya jenis kertas ini dugunakan sebagai product tag dan sejenisnya. Akan tetapi, tidak jarang juga beebrapa percetakan menggunakan art carto ini untuk dijadikan sebagai blangko undangan.

Komponen Dalam Blangko Undangan yang Wajib Ada


Pertama adalah kalimat pembuka, sebagai manusia beradab jika ingin mengundang seseorang untuk datang kepernikahan kita, maka sudah seharusnya memulai dengan kalimat pembuka terlebih dahulu. Bentunya pun sangat beragam, maka Anda bisa menyampaikannya berupa pantun, puisi, dan kata mutiara. Namun, kalimat yang paling umum digunakan adalah kalimat puji-pujian.  

Kedua, komponen dalam jenis blangko undangan yang harus dimiliki adalah tempat nama pengantin, waktu pelaksanaan, dan tempat pelaksanaan. Ketiga poin tersebut merupakan komponen yang paling penting yang harus ada didalam blangko. Sebab, ketiga poin tersebut merupakan informasi yang akan Anda bagikan kepada tamu undangan mengenai calon pengantin, hari dan tanggal akad nikah serta waktu pelaksanaan akad nikah. Untuk itu, usahakan dalam blangko Anda memiliki komponen ini, ya?

Ketiga, Anda juga harus mencantumkan kalimat penutup. Biasanya dalam penutup undangan berisikan doa dan harapan dari kedua calon mempelai. Kalimat penutup sama halnya dengan kalimat pembuka dimana bisa diisi dengan kata-kata mutiara, puisi, dan pantun. Umumnya, kalimat penutup lebih pendek dari pada kalimat pembuka. Disini Anda juga bisa mendapatkan Blangko Undangan Pernikahan murah jika Anda jeli dalam memilih.

Inilah komponen dalam undangan yang umum digunakan. Bisa dikatakan bahwa kartu undangan merupakan cerminan dari konsep seluruh rangkaian acara yang Anda miliki. Jika Anda membutuhkan jasa atau tempat pembuatan blangko undangan terpercaya, maka silakan hubungi kami. Untuk itu, semakin bagus desain jenis blangko undangan yang Anda pilih, maka banyak juga nilai positif yang bisa didapatkan.

LihatTutupKomentar