Jenis Kertas Percetakan untuk Undangan, Ini Diantaranya

Post SahabatArtikel
Bagi Anda yang hendak memesan undangan, maka wajib mengetahui jenis kertas percetakan khusus untuk undangan. Ada beberapa jenis kertas undangan yang bisa dipilih sesuai keinginan pemesan. Sebagian besar mungkin akan menyerahkan pemilihan kertas ini kepada pihak percetakan. Tapi tidak ada salahnya Anda mengetahui jenis-jenis kertas cetak, sehingga nantinya Anda tidak kesulitan untuk menentukan akan menggunakan undangan dengan jenis kertas yang mana.

Masing-masing jenis kertas undangan juga memiliki keunggulannya sendiri. Kualitas kertasnya pun berbeda-beda antar jenis. Biasanya untuk pemesan yang menginginkan desain tertentu mereka membutuhkan rekomendasi jenis kertas yang tepat, agar sesuai dengan konsep yang diinginkan. Nah berikut ini beberapa jenis kertas percetakan untuk mencetak undangan yang sering digunakan:


Jenis Kertas Jasmine


Jenis kertas undangan jasmine paling sering dijadikan sebagai kertas untuk mencetak undangan. Karena kertas ini memiliki kualitas yang bagus dan tidak mudah luntur. Habis bagian besar dasar dia tak undangan pasti menggunakan jenis kertas yang satu ini. Dari segi harga juga lebih terjangkau. 

Untuk jenis kertas undangan ini memiliki tekstur dengan glitter. Biasanya dipilih untuk membuat jenis undangan pernikahan. Namun untuk jenis kertas Jasmine ini tidak bisa melalui proses pencetakan, melainkan menggunakan teknik emboss atau deboss. Selain itu, karena jenis kertas ini tidak bisa menyerap tinta, maka sebaiknya tidak melalui proses pencetakan dengan tinta. Karena nantinya membutuhkan waktu yang lama untuk proses pengeringan.

Kertas Art Paper dan Art Carton


Jenis kertas undangan yang satu ini memiliki permukaan halus dan efek glossy. Untuk jenis kertas percetakan paper tidak hanya digunakan untuk menjadi undangan saja, melainkan juga digunakan dalam pembuatan kalender gantung. Biasanya juga digunakan untuk dijadikan pelapis luar atau dalam hard cover undangan. Namun kertas ini juga bisa digunakan untuk isian di dalam undangan. Bagi Anda yang menginginkan undangan dengan desain yang terlihat mewah, maka bisa menggunakan jenis kertas ini

Sementara untuk jenis kertas Art Carton tidak jauh berbeda dengan art paper, yang membedakan adalah gramaturnya. Selain itu, jenis kertas ini lebih tebal daripada art paper. Biasanya jenis kertas ini digunakan dalam pencetakan produk tag atau sejenisnya. Tapi tak jarang juga yang menggunakan jenis kertas ini sebagai kertas undangan.

Kertas Ivory dan Matt Paper


Jenis kertas undangan Ivory memadukan antara art paper, art carton dan matt paper. Sangat bagus jika dipadukan dengan desain yang unik dan cocok dijadikan sebagai kertas untuk undangan pernikahan. Apalagi ketika undangan dibuat dengan bentuk yang tidak biasa atau anti mainstream, maka bisa menggunakan jenis kertas ini.

Sementara untuk jenis kertas matt paper, mungkin sekilas mirip seperti kertas art paper. Tapi Jika diperhatikan dengan seksama jenis kertas ini memiliki sedikit perbedaan, di mana tidak mempunyai efek glossy dan lebih cepat dalam menyerap tinta. Sehingga jenis kertas ini sangat cocok dijadikan sebagai kertas cetak untuk undangan pernikahan.

Lebih suka dengan jenis kertas yang mana? Sebenarnya bisa disesuaikan dengan desain undangan yang diinginkan. Selain itu, juga bisa disesuaikan dengan budget atau anggaran dana Anda, karena biasanya harganya juga berbeda untuk setiap jenis kertas.

Lagi cari tempat jual blangko undangan pernikahan terpercaya dengan harga bersaing? Yuk, beli di Blangko Undangan Makassar. Menyediakan aneka desain undangan pernikahan yang bisa Anda pilih sendiri. Hubungi Kami melalui 0895800170005 untuk informasi selengkapnya. Itulah penjelasan tentang beberapa jenis kertas percetakan yang mungkin bisa jadi informasi bermanfaat untuk Anda.

Baca juga jenis printer untuk percetakan undangan

LihatTutupKomentar