Tips Sukses Usaha Percetakan, Pemula Wajib Tahu

Post SahabatArtikel
Sama seperti bisnis lainnya, Anda juga harus mengetahui tips sukses usaha percetakan agar dapat meraih omzet tinggi. Karena sebelum memulai bisnis perlu memiliki perencanaan yang matang. Bukan hanya dari segi modal saja yang perlu disiapkan, melainkan juga manajemen bisnis yang tepat agar usaha Anda tidak cepat gulung tikar atau merugi.

Siapapun yang menjalankan bisnis di bidang apapun pastinya menginginkan keuntungan yang besar. Tak jarang para pebisnis yang pada akhirnya harus berhenti dan menutup usahanya karena merasa tidak mampu meningkatkan keuntungan dari usahanya. Apalagi bagi mereka yang membuka usaha percetakan dengan membuka atau menyewa ruko, jika pesanan sedikit maka bisa membuat Anda merugi karena harus membayar biaya sewa ruko yang tidak sedikit.

Lalu apa yang harus dilakukan? Beberapa tips sukses usaha percetakan undangan berikut ini mungkin bisa jadi bahan bacaan yang bermanfaat untuk Anda. Mari simak.


Promosikan Bisnis Anda


Bagian yang sangat penting dalam suatu bisnis adalah strategi promosi yang tepat. Jangan hanya menunggu pesanan, jemputlah konsumen. Tidak perlu door to door dari rumah ke rumah, Anda bisa memanfaatkan media sosial. Karena seperti yang kita tahu bahwa sekarang masyarakat menghabiskan banyak waktunya dengan gadget. 

Anda bisa kalah dari para pesaing jika hanya duduk di ruko dan menunggu pesanan. Strategi promosi melalui media sosial lebih efektif karena dapat menjangkau pasar lebih luas. Anda tidak harus mengeluarkan modal yang banyak untuk menggunakan strategi promosi seperti ini. Karena untuk membuat akun di media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook maupun membuat channel YouTube sama sekali tidak membutuhkan biaya alias gratis.

Agar terlihat lebih profesional, sebaiknya tidak menggabungkan akun media sosial pribadi dengan akun media sosial untuk. Dengan memanfaatkan media sosial ini Anda juga bisa membuat katalog produk kartu undangan agar dapat dipilih oleh konsumen.

Mempertahankan Kualitas Cetak dan Pelayanan


Meskipun Anda menerima order yang terbilang kecil dan tidak mendatangkan keuntungan besar, Anda tidak boleh mengerjakannya dengan asal-asalan. Berapapun besarnya order yang diminta oleh konsumen, pastikan untuk menunjukkan kredibilitas Anda dan tetap profesional sebagai pemilik usaha. Karena ini salah satu hal yang sangat penting dalam tips sukses usaha percetakan.

Dengan tetap berpegang pada standar kualitas yang maksimal, pelanggan yang puas akan memberikan rekomendasi kepada orang lain untuk menggunakan jasa Anda. Strategi promosi mouth to mouth seperti ini sangat potensial untuk mendatangkan pelanggan baru. Jangan melupakan juga untuk memberikan pelayanan yang ramah kepada konsumen. Poin ini juga menjadi salah satu tips dalam usaha percetakan yang harus diperhatikan.

Hindari Menolak Order

Tips sukses usaha percetakan yang tak kalah penting lainnya yaitu jangan sampai menolak order. Sebisa mungkin jangan terlalu pilih-pilih konsumen untuk menerima order. Sembari tetap melakukan promosi Anda bisa mengerjakan satu sampai dua klien. Menolak order hanya akan membuat Anda kehilangan kesempatan untuk menunjukkan kualitas bisnis Anda.

Updatelah Ilmu Percetakan Anda

 

Lalu bagaimana jika tidak terlalu paham dengan pesanan atau kemauan konsumen? Untuk sementara, tidak masalah, karena Anda bisa melemparnya ke pihak ketiga melalui sistem bagi hasil.

Hal yang terpenting adalah order tersebut tetap sesuai keinginan dan harga yang telah disepakati dengan konsumen. Perihal siapa yang mengerjakannya bisa urusan belakang.

Jangan sampai anda menggunakan ilmu tahun 2010 untuk pelanggan tahun 2020, mungkin ilmu anda sebagian besar akan ketinggalan jaman. Jadi rajinlah membaca-baca ilmu tentang percetakan. Sekarang sumber bacaan sangat melimpah mulai buku, majalah, media sosial, googling, youtube, TV dll.

Update mesin peralatan terbaru


Sama diatas, jangan sampai peralatan tahun 1980 dipakai untuk pelanggan tahun 2020, maka anda akan ketinggalan kualitas cetak dan kualitas layanan. (Namun untuk sebagian kasus, peralatan usang masih bisa koq dipakai, seperti peralatan besar dan mahal yang pernah anda investasikan)

Contoh kasus lagi  : jangan sampai pesaing anda sudah menggunakan Whatsapp, tapi anda masih menggunakan jalur SMS-an hehe.. atau masih chattingan facebook. Ini pengalam pribadi kemarin, saya memesan jasa cetak di google, setelah saya temukan kontaknya, saya hubungi lewat WA, ternyata nomernya tidak bisa pakai WA, setelah saya pakai sms, dan tentu saja mengurangi pulsa saya per sekali kirim-- barulah saya dijawab. Padahal install aplikasi begituan cuma beberapa detik aja. Untungnya saya belum beralih ke pelanggan disebelahnya.

Targetkan pasar yang tepat


Bidik sasaran pelanggan anda. Apakah anda ingin menyasar klien corporate, Broker perantara, atau retail, atau konsumen akhir. Sesuaikan dengan kemampuan. Kalau saya sih, memulainya dari tingkatan rendah.

Pelajari Kompetitor / Pesaing anda


Mempelajari pesaing bukan untuk menjatuhkan lho, tapi mencari sisi kekurangannya lalu menyembpurnakannya untuk kebaikan costumer, jadi tujuannya memuaskan konsumen bukan menjatuhkan pesaing.

Perhatikan Lokasi Usaha


Ini sangat penting. Kenapa saya katakan penting, Misalnya menyewa lapak di gang kecil seharga 4 juta, apakah lebih baik (karena murah?) atau... menyewa lapak di luar jalan poros seharga 8 juta. Kalau saya pribadi  sih lebih memilih yang 8 juta itu. Apalah arti sewa murah jika jumlah pelanggannya dihitung jari. Dan apalah arti biaya 8 juta itu dibanding dengan banyaknya pengunjung toko.

Namun, anda yang berjualan di gang, jangan berkevil hati.

Bukan berarti, berjualan di gang-gang itu tidak baik. Anda jangan putus harapan, Anda cukup berikan sedikit  keringat untuk berpromosi secara online, karena saya melihat bahwa Teori marketing mix (bauran pemasaran) seperti harga, tempat, promotion dst sudah mulai tidak efektif, terutama masalah place-nya,

Tempat bukan lagi kendala berusaha pada zaman ini.

Dengan adanya pemasaran lewat internet, plus transportasi produknya menggunakan aplikasi ojek online, semua bisa dikendalikan diatas kasur saja hehe. Jadi saya pengen berpesan : maksimalkan keduanya, pemasaran yaitu offline dengan lokasi usaha yang bagus, plus, pemasaran online yang bagus juga. , jika anda tambah lagi dengan Doa, Insya Allah rezeji akan berpihak pada anda.

Soal kekuatan sebuah doa, saya serius lho. Beberapa tahun lalu, saya sempat mencoba membangun bisnis ini dan itu (tapi tanpa doa) ujungnya tidak ada yang sukses. Akhirnya, saya berpikir dan merenung, bahwa sepertinya, diperlukan sebuah faktor tambahan selain usaha saya, yaitu doa. Dan benar saja. Setiap langkah yang saya mulai terasa ada yang membantu, terasa ada yang memberikan jalan, yaitu sang pencipta : Allah SWT.

Servis dan komunikasi yang memuaskan


Saya ingin katakan kepada anda : jangan remehkan servis atau pelayanan komunikasi  yang baik,  ramah, simpati dan empati. Contohnya : saya pernah mengajukan pertanyaan pada sebuah jasa (saya lihat  kontak perusahananya, oh ya perusahaannya sih memang besar), tapi setelah 1 jam, 2 jam, 3 jam saya menunggu, jawaban itu tidak muncul-muncul sama sekali. Saya pun beralih ke lapak online sebelah, usahanya kecil-kecil saja, tapi servise dan jawabannya memuaskan. Setiap pertanyaan saya dijawabnya, bahkan solusi jawabannya melebihi dengan pertanyaan apa yang kuajukan. Dari soal waktu, dia menjawab pertanyaan saya jam 11 malam, juga jam 7 pagi (biasanya khan toko menjawab pertanyaan konsumen setekah jam 9 pagi hehe) Alhasil : saya memilih memesan barang pada lapak yang perhatian ini. Tips pribadi saya buat anda soal servis ini, jangan menggunakan gadget yang sulit dioperasikan, pilihlah gadget ringkas namun cukup lancar dipakai dalam melakukan layanan komunikasi.

Tips Sukses Membuka Usaha Percetakan Digital Undangan


Untuk mencegah penyebab gagalnya usaha cetak undangan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada beberapa tips sukses untuk menjalankan bisnis. Berikut di antaranya:

Menggunakan sumber daya yang ada, memulai bisnis ini tidak harus mengeluarkan modal yang besar. Daripada harus membeli peralatan komputer atau printer yang baru, coba pertimbangkan untuk memanfaatkan peralatan yang sudah ada terlebih dahulu untuk menghemat modal.

Menyediakan aneka ragam model kartu undangan. Hal ini juga bisa dijadikan sebagai latihan atau sampel yang akan ditunjukkan ke konsumen. Sebaiknya Anda juga mempelajari cara mendesain atau membuat tulisan yang menarik di atas kartu undangan.

Manfaatkan media sosial untuk mempromosikan usaha Anda. Misalnya seperti Instagram, Facebook dan lainnya untuk mengenalkan jasa Anda ke khalayak lebih luas. Seperti yang kita tahu bahwa media online sangat efektif untuk promosi apapun, termasuk jasa cetak undangan Anda.

Manfaatkan rumah Anda sebagai lokasi usaha, terutama jika rumah berada di tempat yang strategis seperti di pinggir jalan. Sebenarnya untuk memulai usaha ini tidak harus menyewa ruko, karena masyarakat sekarang lebih mengenal sistem toko online.

Lebih inovatif. Demi menarik minat konsumen maka Anda harus lebih inovatif. Misalnya dengan membuat desain kartu undangan yang lebih artistik atau modern, untuk menyesuaikan keinginan konsumen millenium jaman sekarang.

Blangko Undangan Makassar adalah solusi yang tepat untuk pesan segala jenis undangan. Jasa ini melayani pemesanan blangko undangan dengan beberapa pilihan kertas. Harga per lembar undangan dijamin sangat terjangkau dan bersaing. Sehingga Anda bisa menggunakan jasa percetakan kami dan dapatkan harga terbaik disini.



Oh ya, saya hanya mampu menjelaskan sedikit tips berusaha kepada anda. Jika anda masih ingin menambah pengetahuan tentang usaha percetakan rumahan anda bisa membaca juga disini :> https://www.klikmania.net/bisnis-percetakan-modal-6-juta/

Jika anda butuh Blangko Undangan di Makassar adalah tempat untuk memesan balngko undangan pernikahan berkualitas. Ada beberapa jenis kertas undangan pernikahan yang bisa Anda pilih sendiri dan tentunya dengan harga terjangkau. Informasi selengkapnya bisa menghubungi melalui NOLLDLAPAN--23--5944--7827. Anda juga bisa mengunjungi ke Jl U. Sumiharjo Pas, sekitar 200 meter dari Taman Pahlawan Panaikang.

Itulah sidikit informasi mengenai bisnis di bidang percetakan yang bisa menjadi tambahan pengetahuan Anda. Semoga beberapa tips sukses usaha percetakan bermanfaat bagi Anda yang sedang merintis bisnis percetakan dan bisa sukses.

Cara hindari Penyebab Gagalnya usaha cetak undangan

LihatTutupKomentar