Bagaimana Cara Memulai Usaha Percetakan? Ini Dia yang Harus Anda Lakukan!

Post SahabatArtikel
Bagaimana Memulai Usaha Percetakan? Pertanyaan ini pasti muncul dibenak Anda ketika melihat rekan Anda sukses menjalani bisnis yang satu ini. Sebab, beberapa dari Anda pasti masih kebingungan harus memulainya dari mana. Sekilas, bisnis ini membutuhkan modal yang besar, namun nyatanya tidak demikian. Ketika usaha ini sudah berjalan, justru keuntungan yang akan Anda dapatkan terbilang sangat menjanjikan. 

Usaha percetakan memiliki berbagai macam bidang utama. Seperti percetakan yang terfokus pada digita; atau percetakan offset. Semakin tinggi kebutuhan akan pembuatan kartu nama, baliho, undangan, spanduk hingga keperluan promosi lainnya akan membuat usaha percetakan semakin mudah untuk ditemui. Meskipun memiliki pesaing banyak, Anda tidak perlu khawatir sebab konsumen pasti memilih jasa yang paling berkualitas dengan harga yang terjangkau.


Tips Memulai Usaha Percetakan


1. Cari Informasi Sebanyak Mungkin, Termasuk Modal yang di Butuhkan!

Apapun jenis usahanya yang hendak dirintis, jangan pernah lupa bahwa semua itu tetap membutuhkan modal. Lalu, bagaimana memulai usaha percetakan? Anda bisa mengawali dengan menggali informasi sebanyak mungkin dari rekan Anda yang sudah lebih dulu memulainya. Setelah mengetahui modal yang dibutuhkan, maka Anda harus membeli apa yang dibutuhkan serta pilih jenis bisnis percetakan apa yang akan Anda geluti, misalnya offset atau digital printing.

2. Tahap Awal, Pesaing adalah Kawan

Tidak sedikit orang yang menggeluti usaha ini menganggap vendor lain sebagai pesain mereka. Padahal, disini Anda masih memerlukan banyak ilmu dari ahlinya untuk mengembangkan bisnis Anda ini. Untuk itu, jalinlah kerja sama dengan vendor lain. Namun jangan asal-asalan memilih vendor. Pilihlah yang berkualitas dalam pengerjaanya. Dengan menjalin kerjasama, paling tidak Anda memiliki ilmu dasar percetakan dengan mengetahui jenis kertas. 

3. Memahami Bagaimana Proses Produksi Percetakan

Banyak orang tidak tahu mengapa usaha percetakan akhirnya tidak mampu bersaing dan memilih untuk menutupnya. Alasannya adalah mereka tidak tahu degan pasti apa yang sebenarnya usaha yang sedang dikerjakannya. Seperti halnya bagaimana memulai usaha percetakan?  Maka Anda perlu tahu modal yang dibutuhkan dan juga bagaimana proses produksi cetak berlangsung. Pasalnya proses ini tidak bisa Anda hafalkan, melainkan Anda harus menguasai keahlian ini untuk mengoperasikannya.

Mengenal Jenis-Jenis Percetakan


1. Cetak Foto

Salah satu usaha percetakan yakni dengan bisnis cetak foto. Usaha jenis ini tergolong murah meriah. Biasanya usaha cetak foto ini menjadi pelengkap usaha fotocopy, counter pulsa, toko komputer dan lain-lain. Peralatan yang dibutuhkan bisnis ini tidaklah rumit. Anda hanya membutuhkan satu unit komputer dan printer saja. Untuk pembelian komputer sebaiknya Anda memperhatikan terlebih dahulu akan kelebihan dan kekurangannya. 

2. Digital Print Large Format

Menanggapi pertanyaan Bagaimana memulai usaha percetakan? Usaha jenis ini tergolong agak mahal. Sebab untuk membeli mesin printnya saja Anda harus menyiapkan kisaran harga mulai dari Rp 20.000.000. Print ini hanya bisa digunakan untuk mencetak A3+, kartu nama, cetak brosur dan hanya dalam jumlah sedikit. Selain itu, Anda juga pasti membutuhkan ruangan besar dan harus menggunakan AC untuk menstabilkan suhu saat mesin bekerja.

3. Percetakan Offset

Usaha percetakan ini membutuhkan keahlikan khusus saat mengoperasikan mesinnya. Usaha jenis ini tentu saja membutuhkan modal yang tidak sedikit. Untuk harga mesinnya saja berkisar Rp 35.000.000 dan itu untuk kualitas yang rendah. Namun dengan misin ini Anda sudah bisa mencetak berbagai macam Blangko undangan pernikahan, nota, brosur, dan sparasi. 

Itulah beberapa jenis-jenis percetakan yang harus Anda ketahui. Sebab untuk memulai usaha percetakan Anda harus memahami terlebih dahulu usaha apa yang ingin Anda jalankan. Dengan begini, maka Anda akan tahu strategi bisnis apa yang harus Anda gunakan serta modal berapa yang harus Anda persiapkan dan bagaimana memulai usaha percetakan? Apabila Anda membutuhkan jasa percetakan berkualitas silakan hubungi kami di 081381622530.

LihatTutupKomentar