Persiapan Ini yang Harus Anda Miliki untuk Peluang Usaha Cetak Blangko Undangan

Post SahabatArtikel
Peluang bisnis cetak blangko undangan untuk acara pernikahan masih sangat terbuka lebar serta masih
sangat menguntungkan bagi siapa saja. Apakah anda ingin menjalankan  bisnis undangan pernikahan ini? Mebgapa tidak? Kalau memang itu bisa menopang penghasilan keluarga, apalagi usaha ini mudah dilakukan, bahkan oleh ibu rumah tangga.

Memang, akhir-akhir ini, salah satu peluang bisnis yang menguntungkan dan dapat berkembang pesat adalah peluang usaha cetak blangko undangan. Mengapa? Usaha ini akan selalu diperlukan oleh orang banyak dan usaha yang satu ini tetap bisa dijalankan meskipun memiliki modal yang minim. Sebab, usaha digital printing blangko undangan tetap bisa berjalan, meskipun modal Anda tidak banyak. Namun usaha ini tidak bisa diremehkan karena keuntungannya sangat besar.

Selain itu, usahakan Anda menyewa lokasi yang startegis. Misalnya dipinggir jalan, dekat kerumunan orang, dekat sekolah ataupun dekat dengan perusahaan besar yang setiap saat dilewati oleh orang. Langkah ini terbilang sangat efektif untuk meminimalisir modal usaha besar, sekaligus bisa menerapkan strategi bisnis dalam mengukur minat pasar bagi pemula


Rincian Modal Usaha Cetak Blangko Undangan Hingga Buka


1. Perlengkapan Komputer

Modal awal yang harus Anda pikirkan yaitu budget untuk membeli komputer atau laptop beserta mouse, printer, keyboard, modem, serta paket kartu dan lain-lain. Dalam usaha percetakan, selain memiliki printer, membuat cetakan kartu undangan juga bisa memakai sablon yang dinilai lebih menghemat biaya produksi pembuatan blangko undangan.

2. Bahan Baku Kertas 

Selanjutnya, yang harus Anda persiapkan yaitu bahan baku kertas untuk media pencetakan blangko undangan. Disini Anda juga perlu menyiapkan beberapa jenis kertas untuk mecetak undangan sesuai dengan keinginan konsumen. Disini Anda juga perlu memperhatikan teknik cetakan yang akan dipakai dan menyesuaikan jenis kertas. Misalnya lebih cenderung ke digital printing atau sablon.

3. Tinta Printer atau Sablon

Jika Anda memiliki pesanan dalam jumlah besar dan Anda menginginkan hasil yang sempurna. Maka lebih baik Anda menggunakan teknik cetak digital printing. Peluang usaha cetak blangko undangan ini juga memerlukan modal yang tidak sedikit. Berdasarkan kalkulasi modal usaha yang diperlukan untuk membuka usaha percetakan yaitu sekitar 6 juta hingga 9 juta. Diluar itu, untuk percetakan skala besar maka Anda membutuhkan mesin plotter.

Cara memulai usaha cetak undangan :

  • Cari vendor blangko undangan yang produknya berkwalitas dan selalu ready (jangan sampai ingin order, malah stok kosong)
  • Miliki katalog blangko undangan (sebagai alat untuk memperagakan kepada pembeli) misalnya saja  memperlihatkan contoh blangko yang ada disini 

 Strategi bisnis usaha cetak blangko undangan :

  • pemasaran lewat online
  • pemasaran door to door (offline) 
  • kasih bonus, dan bukannya sebuah diskon
  • Bersikap ramah kepada pembeli
  • Selalu menemukan inovasi usaha

Penyebab Kegagalan Bisnis Percetakan Undangan

1. Lokasi Usaha

Lokasi usaha yang tidak strategis menyebabkan percetakan Anda sepi pembeli dan terkesan menjadi makelar. Tentu saja hal ini berdampak pada usaha percetakan Anda yang sulit dikenali oleh banyak orang, terkesan usaha yang tidak profesional, dan sulit mendapat pelanggan. Oleh karenanya, langkah yang paling bijak adalah Anda menyewa lokasi usaha percetakan blangko undangan dilokasi yang strategis.

2. Pasif

Penyebab lainnya yang membuat usaha percetakan digital rugi adalah menggunakan strategi hanya menunggu pesanan datang dan tidak menjemput bola. Padahal persaingan peluang usaha cetak blangko undangan sangatlah ketat. Selain itu, porsi keuntungan bisnis pembuatan blangko undangan ini terbagi menjadi sangat kecil, jika Anda hanya mendapatkan pesanan yang tidak banyak.

Dalam dunia usaha percetakan, banyak sekali para pengusaha menggunakan strategi jemput bola. Untuk itu, tidak ada salahnya Anda mengikuti langkah ini juga. Alasannya adalah karena persaingan pasar sangat ketat. Apabila usaha blangko undangan pernikahan Anda ingin tetap eksis, maka jalankan layanan strategi jemput bola. Selain itu, Anda juga bisa memasang iklan dan mencantumkan nomor Telpon Anda.

Itulah tadi rincian modal awal usaha digital printing dan penyebab kegagalan yang harus Anda pertimbangkan secara matang. Selain mempersiapkan modal, Anda juga harus mempersiapkan beberapa strategis untuk mendapatkan pelanggan. Namun, apabila Anda membutuhkan jasa cetak blangko pernikahan yang berkualitas dan murah, silakan hubungi kami di 081381622530 dan tingkatkan peluang usaha cetak blangko undangan bersama kami. 

LihatTutupKomentar